Sabtu, 25 Oktober 2008

PELATIHAN TEKNIK CETAK

:: Grafika untuk Kehidupan ::

BinhDuong-Vietnam, Beberapa waktu yg lalu, aku di hubungi oleh Boz untuk bisa membantu memberikan pelatihan buat sebuah pusat pelatihan grafika yg di kelola oleh percetkan di Vietnam, HCMC. Ada rasa bangga sekaligus cemas dengan kabar ini. Bangga karena sekarang semua pihak sudah mulai perduli untuk memberikan bekal untuk para operator cetak sehingga mereka bisa memahami teori dasar sekaligus mampu berkreasi dengan kemampuannya.

Cemas, karena perkembangan grafika sudah semakin maju dan complicated (=canggih). Apakah akan terasa basi dan kurang up to date bila bahasan untuk di berikan berkesan lawas. Padahal grafika adalah sejarah masla lalu yg di kreasi untuk menjadi lebih baik dimasa sekarang.


\


Grafika adalah pemahaman sekaligus pengalaman dalam mencetak. Karena akan melibatkan mesin cetak, bahan cetak, Tinta cetak, Dan bahan kimia lainnya. Di lain pihak tetntu akan berhubungan dengan proses design dan output prepress sebelum di mulai dicetak diatas mesin cetak.

Pemahaman ttg proses panjang dari design - prepress-press- finished-end user adalah sebuah kajian yg menyatu dan saling mempengaruhi. bagi seorang ahli cetak, pemhaman ini adlah sebuah kaharusan. Sedangkan bagi ahli kimia grafika (tinta&kertas) merupakan bahan pertimbangan dalam menentukan sebuha produk. Akan banyak variable untuk menjadikan sebuah dunia grafika menjadi lebih menyatu seakilgus belkerja sama.

@2008

Tidak ada komentar: