Jumat, 18 April 2008

PROFESIONAL TEAM PLAYERS


:: Doc.Sugeng-InkCenter

Ink Centre-Binh Duong, Industri Grafika yang merupakan industri high tech merupakan industri yang melibatkan instrumen elektronik yg digital sekaligus manual. Membicarakan grafika jangan pernah berhenti di lingkup Percetakan. Tengok bagian lain seperti paper manufacture, Machine dan peralatan lainnya, plus Kimia Grafika termasuk ink manufactur.

Tinta dan yg berhubungan dengan itu
Bagi seorang Technikal tinta, pengetahuan Warna saja tidaklah cukup. Bagi sebagian besar teknikal sudah merasa nomor satu dengan pemahaman warna, yang sebenarnya hanya warna Pigment. Padahal pengetahuan warna bukan saja pigment. memahami warna adalah bagian integral dengan cahaya, Subtrate, dan reaksi antara warna pigment dengan bahan kimia additive lannya. Pengalaman bertahun 2x adalah NOL BESAR kalau merasa seorang teknikal senior bila hanya tahu sekedar Color matching.
Bagiku pemahaman bahan resin, additive dan subtarte adalah tak terpisahkan dalam aktivtas seorang teknikal staff. baik itu junior maupun senior. Apakah bisa dibilang teknikal tinta bila anda hanya tau Pigement ? ( kita yg bisa memahami).

Resin dan teknologi.
kalau mengenal resin hanya sebatas bahan pengikat (binder) tentu sangatlah tidak tepat, Resin akan terbagi dalam berbagi fungsi dan type. Seperti Penentu Gloss, Viscosity, dan sekaligus penentu fungsi dan aplikasi bahan cetakan.

Arogansi Jepang
Banyak Pekerja Grafika mengaku dan merasa menjadi seorang ahli di industri Grafika bila bekerja di Jepang's company. Apakah itu betul ? Padahal tantangan dan persoalan di Industri grafika yg bukan hanya di Tinta saja tentu, spt Mesin dan aplikasi percetakan, akan terus berkembang dan memerlukan pemahaman yg up to date. Jepang's bukan segalanya, begitu juga Eropa. Pemain teknologi sudah demikian tersebar di jagat Grafika. Tengok sebentar ke Asia, spt Indonesia, China, Taiwan dan Amerika Latin. negara tersebut adalah baru sebagian kecil yg telah mempu memberikan kontribusi di bidang Grafika. So apakah kita akan menjadi Jagoan "kandang" atau Si Buta dari Gua hantu ? kita yg menentukan.


[18 April 2008]

Tidak ada komentar: